My Skincare Routine

Friday, August 25, 2017


Beberapa waktu yang lalu di insta story saya pernah janji bakal bikin tulisan tentang skincare routine saya, ahirnya saya bisa nulis juga (Badha lagi tidur di kamar sebelah jadi colongan nulis hihihi).


Skincare routine saya termasuk simpel karena kulit muka saya ga bisa banyak-banyak dikasih berbagai macam produk dalam satu waktu, saya pernah sih coba-coba menggunakan 10 step skincare yang sedang hits itu dan hasilnya kulit muka saya bingung dan lahirlah bruntusan yang berujung jerawat banyak banget. Akhirnya saya paham kalau kulit muka saya ga butuh yang terlalu banyak stepnya, yang penting intinya, yaitu double cleanse - toner – serum – moisturizer – tidur (yang terakhir penting banget nih hahaha). Apalagi sekarang saya sudah menjadi seorang ibu, wah boro-boro deh pake skincare berlapis-lapis, bisa keburu nangis anak saya. Terkadang kalau anak saya sedang tidak bisa ditinggal saya ya cuma membersihkan muka saja lalu langsung deh melayani tuan raja alias Badha anak saya hahaha.

Disini saya juga mau menambahkan kalau skincare itu bukan magic, sekali pakai langsung kelihatan hasilnya, atau hanya dalam beberapa hari kulit sudah menjadi mulus, itu cuma iming-iming belaka sih buat saya. Mungkin di beberapa kulit orang ada yang begitu tapi kalau di kulit saya tidak. Menggunakan skincare juga harus rajin dan konsisten, kalau bisa jangan bolong-bolong. Kulit bagus ga muncul hanya dalam semalam, untuk saya sendiri butuh waktu tahunan dan untuk bisa melihat hasilnya apakah suatu produk bekerja di kulit saya dan membuahkan hasil biasanya paling cepat sebulan atau dua bulan. Dan akhirnya saya tau harus menggunakan skincare yang seperti apa setelah saya tahu jenis dan kondisi kulit saya, jenis kulit saya oily combination dan kondisi kulit saya dehidrasi, kulit saya juga termasuk yg sensitif, kalau tidak cocok langsung gatal-gatal lalu bruntusan dan berakhir dengan jerawat. Jangan mudah termakan iklan ya, do your own research about your skin.

Jadi, saya mulai step by step nya ya J
1.     Double Cleanse
-       Origins Cleansing Oil
Saya sudah pernah cerita tentang cleansing oil kesukaan saya ini disini
Nah kalau ini bisa dibaca ceritanya disini

2.     Toner
Laneige Clear C – Advance Effector_EX
Sebenarnya yang saya gunakan sekarang ini adalah essence tapi pemakaiannya seperti toner buat saya. Seharusnya  satu botol ini pemakaian untuk sebulan digunakan pagi dan malam, setalh sebulan maka hasilnya akan terlihat, kulit muka jadi lebih cerah merona dan terlihat lebih hidup. Tapi ya maklum ya namanya juga ibu-ibu punya bayi jadi kadang saya pakai kadang engga, biarpun begitu saya tetap  merasa kulit muka saya jadi lebih cerah (cerah lho bukan putih). Yang paling saya suka dari essence ini adalah setiap habis menggunakan ini tuh rasanya kulit muka jadi segar bugar hahaha.

3.     Serum
The Ordinary – Hyaluronic Acid 2% +B5
Saya tergila-gila dengan hyaluronic acid alias HA, yes my skin condition is dehydrated skin, makanya kenapa saya cinta banget banget banget sama si HA. Hyaluronic Acid pertama saya itu Hydraluron (para pecinta skincare pasti sudah ga asing deh sama nama ini), saking cintanya saya sampai habis 6 tube Hydraluron, makanya ketika The Ordinary mengeluarkan HA langsung penasaran dan hasilnya saya seperti nostalgia sama Hydraluron. Apa sih fungsinya serum ini?serum ini memberikan injeksi hidrasi untuk kulit kita, kulit kering itu beda sama kulit yang dehidrasi, kulit kering itu kekurangan minyak, sedangkan kulit dehidrasi itu kekurangan kandungan air. Tekstur serum ini berupa gel, gel bening seperti lem. Saya menggunakan serum ini pagi dan malam, hasilnya kulit muka saya jadi lebih halus dan kenyal.

4.     Moisturizer

Pelembab kesayangan penyelamat kulit muka saya ini sudah pernah saya bahas di tulisan ini. Pelembab ini saya gunakan pagi dan malam, biasanya saya menggunakan pelembab yang lebih ringan di pagi hari tapi karena kulit saya sekarang ini sedang dehidrasi banget jadinya saya gunakan ini untuk pagi hari juga.

Nah, begitulah skincare routine saya, sudah dulu ya soalnya Badha bangun hihihi. Semoga membantu ya. Nite nite. 

1 comment:

  1. I'm agreeeeee kak! Pakai skin care sperlunya dan secukupnya yang penting kita tau kebutuhan kulit kita:)

    ReplyDelete